S2 Magister Ilmu Ekonomi

Selamat datang di Program Studi S2 Magister Ilmu Ekonomi (Prodi S2 MIE) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga.

 

Prodi S2 MIE berdiri pada tahun 2008 berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Airlangga 10253/JO3/OT/2008. Program studi ini bertujuan untuk menghasilkan ahli ekonomi yang kritis, konstruktif, dan solutif terhadap masalah pembangunan ekonomi serta memiliki komitmen yang kuat untuk melakukan perubahan dalam masyarakat global. Dalam mengakomodasi kompleksitas permasalahan ekonomi, Prodi S2 MIE menawarkan beberapa minat studi, yaitu: Ekonomi Perencanaan & Pembangunan; Ekonomi Internasional; Ekonomi Moneter; Ekonomi Publik; serta Ekonomi Sumber Daya Alam, Lingkungan, dan Energi.

Pada tahun 2017, Prodi S2 MIE memperoleh pengakuan secara nasional melalui akreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan peringkat “A”. Prodi S2 MIE juga dipercaya oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia sebagai salah satu program studi tujuan beasiswa Lembaga Dana Pengelola Pendidikan (LPDP). Seiring dengan transformasi Universitas Airlangga menjadi World Class University (WCU), keberadaan Prodi S2 MIE diakui secara internasional oleh The Alliance on Business Education and Scholarship for Tomorrow, a 21st Century Organization (ABEST21) tertanggal 1 April 2020.

Prodi S2 MIE memiliki beberapa keunggulan, diantaranya:

  1. Perkuliahan dilaksanakan melalui blended learning system, secara yaitu offline (tatap muka) dan online menggunakan sistem e-learnig yang terintegrasi (AULA).
  2. Para pengajar terdiri dari akademisi dan praktisi yang handal, diantaranya Bank Indonesia (BI), Kemenko Perekonomian, Biro Pusat Statistik (BPS), Pemerintah Provinsi/Kota, dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).
  3. Program double degree dengan universitas-universitas luar negeri, diantaranya University of Western Australia (UWA).
  4. Kurikulum adaptif dan akomodatif sesuai perkembangan kebutuhan dunia kerja dan stakeholders serta dievaluasi secara berkesinambungan.
  5. Biaya kuliah relatif murah dibandingkan dengan prodi yang sama di perguruan tinggi yang setara.

Untuk memberikan akses yang luas dan mudah terhadap masyarakat, penerimaan mahasiswa Prodi S2 MIE diselenggarakan melalui beberapa jalur, yaitu (1) Tes tulis (TPA dan Bahasa Inggris); (2) Non tes tulis (TPA & TOEFL, lulusan terbaik UNAIR, dan Portofolio); (3) Fast track; dan (4) Kerjasama/kemitraan. Jalur (1) dan (2) dikoordinir oleh Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) UNAIR dan diselenggarakan setiap semester (gasal dan genap) yang terdiri dari beberapa gelombang penerimaan. Selain lulusan S1 Ilmu Ekonomi, Prodi S2 MIE membuka kesempatan kepada lulusan S1 non ekonomi dengan terlebih dahulu mengikuti perkuliahan matrikulasi.

 

Mari bergabung dan melangkah maju bersama Program Studi S2 Magister Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Airlangga.

VISI PRODI S2 MIE.
”Menjadi Program Studi S2 Ilmu Ekonomi yang Inovatif, Terkemuka di Tingkat Nasional dan Internasional Berdasarkan Moral Agama”

MISI PRODI S2 MIE.

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan akademik di bidang ilmu ekonomi yang berstandar nasional dan internasional;
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan ilmu di bidang ekonomi yang diakui di tingkat nasional dan internasional;
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang menunjang penerapan dan pengembangan ilmu ekonomi.

TUJUAN PRODI S2 MIE.

  1. Menyediakan stimulan pendidikan ilmu ekonomi melalui pembelajaran yang bermutu tinggi untuk memotivasi para peserta mencapai potensi optimal peserta didik.
  2. Membangun pengetahuan, kemampuan dan skill seluruh peserta tentang pemahaman terhadap teori ekonomi, ekonometrika dan berbagai alat analisis kuantitatif serta aplikasi kebijakan untuk kasus yang relevan.
  3. Menyediakan pilihan bagi peserta didik untuk mempelajari suatu bidang dalam ilmu ekonomi secara mendalam.
  4. Membangun kemampuan para peserta untuk menerapkan pengetahuan ekonomi, alat analisis dan skill baik secara teoritis, aplikasinya maupun masalah-masalah kebijakan.

KURIKULUM PRODI S2 MIE

Kurikulum dirancang adaptif dan akomodatif sesuai perkembangan kebutuhan industri dan dunia kerja serta dievaluasi secara kontinyu dan berkesinambungan. Pada tahun 2021 Prodi S2 MIE bersama-sama dengan semua prodi di FEB UNAIR melakukan redisain kurikulum terhadap kurikulum 2017. Berdasarkan kurikulum baru (2021) mahasiswa akan menempuh total 12 mata kuliah dengan total 42 sks (satuan kredit semester) yang diselesaikan dalam waktu studi normal selama 4 semester (2 tahun). Struktur kurikulum Prodi MIE terdiri dari 3 (tiga) komponen utama, yaitu: (1) mata kuliah wajib, terdiri dari 8 mata kuliah atau 23 sks; (2) mata kuliah pilihan, terdiri dari 3 mata kuliah atau 9 sks; serta (3) proposal tesis sebanyak 2 sks dan tesis sebanyak 8 sks. Prodi S2 MIE menawarkan banyak mata kuliah pilihan (14 mata kuliah) untuk mengakomodasi kebutuhan dunia kerja yang berubah cepat seiring dengan perkembangan teknologi, informasi, dan komunikasi. Mahasiswa dapat memilih 3 (tiga) mata kuliah pilihan yang disesuaikan dengan minat studi dan topik tesis.

Mata kuliah wajib dan mata kuliah pilihan yang bersifat teoritis ditempuh pada semester 1 dan semester 2 (satu tahun pertama), sedangkan pada semester berikutnya mahasiswa difokuskan pada pembimbingan proposal tesis dan tesis. Diantara ujian proposal tesis dan ujian tesis tersebut, Prodi MIE menyelenggarakan seminar hasil yang merupakan forum ilmiah terbuka yang dihadiri oleh dosen dan mahasiswa untuk diseminasi hasil penelitian. Dengan disain struktur kurikulum dan sebaran mata kuliah tersebut, mahasiswa dimungkinkan dapat menyelesaikan studi lebih cepat, yaitu 3 (tiga) semester atau 1,5 tahun. 

SEMESTER 1

NoKODEMata kuliahSKS
1 EKT603 Teori Ekonomi Mikro 3
2 EKT602 Teori Ekonomi Makro 3
3 PNE610 Metodologi Penelitian
4 EKP601 Ekonomi Pembangunan
5 PHE601 Filsafat Ilmu Ekonomi 2
TOTAL 14


SEMESTER 2

NoKODEMata kuliahSKS
6 EKK601 Ekonometrika Terapan
7 EKK602 Ekonomi Pemodelan 3
8 EKP631 Ekonomi Digital 3
Mata Kuliah Wajib (6 sks)* SEMESTER 2  


Mata Kuliah Pilihan (9 sks)* SEMESTER 2

    NoKODEMata kuliah     SKS
9 EKP627 Ekonomi Publik dan Keuangan Daerah
10 EKI602 Ekonomi Perdagangan 3
11 EKM603 Ekonomi Moneter dan Perbankan 3
12 EKP606 Ekonomi Regional 3
13 EKP621 Ekonomi Persaingan Usaha 3
14 EKP622 Ekonomi Maritim 3
15 EKH602 Ekonomi Kesehatan 3
16 EKP623 Ekonomi Politik 3
17 EKP624 Ekonomi Perencanaan Wilayah 3
18 EKP607 Ekonomi Perkotaan 3
19 EKP625 Ekonomi Transportasi 3
 20   EKP626 Ekonomi Pariwisata 3
21 EKP630 Ekonomi Sumberdaya Alam & Lingkungan 3
22 EKP602 Ekonomi Energi 3
TOTAL 18

*Mata Kuliah Wajib Konsentrasi Ekonomi Publik
*Mata Kuliah Wajib Konsentrasi Ekonomi Internasional
*Mata Kuliah Wajib Konsentrasi Ekonomi Moneter
*Mata Kuliah Wajib Konsentrasi Ekonomi Perencanaan & Pembangunan
*Mata Kuliah Wajib Konsentrasi Ekonomi Sumberdaya & Lingkungan


SEMESTER 3

NoKODEMata kuliahSKS
23 PNE698 Proposal Tesis 2 2
TOTAL 2



SEMESTER 4

NoKODEMata kuliahSKS
24 PNE 699 Tesis 8
TOTAL 8
JUMLAH BEBAN STUDI 42

 

FASILITAS

Universitas Airlangga adalah a self-contained campus, sehingga berbagai fasilitas dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa selama masa studi. Starring system QS-APPLE (World University Ranking) memberikan predikat 4 bintang (bertaraf internasional) untuk fasilitas yang disediakan Universitas Airlangga untuk mahasiswa dan stakeholder lainnya.

Fasilitas yang tersedia adalah:

  • Ruang Baca Fakultas dan Perpustakaan Universitas dengan koleksi bahan pustaka seperti: Textbook dan online journal (ProQuest, Sciencedirect, Elselvier, Springerlink dan Emerald).
  • Ruang Kelas yang nyaman dan representatif
  • Ruang diskusi untuk kegiatan seminar internal dan diskusi
  • Jaringan internet (Wifi)
  • Laboratorium Komputer
  • Photocopy Center
  • Canteen dan Coffee Shop
  • Shuttle Bus antar Kampus A, B, dan C Universitas Airlangga.

  

KONTAK

PROGRAM STUDI S2 MAGISTER ILMU EKONOMI
DEPARTEMEN ILMU EKONOMI

Gedung ABC Lantai 6 Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Airlangga Kampus B
Jalan Airlangga No. 4 Surabaya – 60286
Jawa Timur Indonesia

Telp.
Fax.
Email

(031) 5033642, (031) 503 36584 (ext. 129)
(031) 502 6288
 Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Informasi Pendaftaran: ppmb.unair.ac.id
Hits 333605